'/> Artificial Intelligence : Pengertian, Fungsi Teladan Kecerdasan Buatan

Info Populer 2022

Artificial Intelligence : Pengertian, Fungsi Teladan Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence : Pengertian, Fungsi Teladan Kecerdasan Buatan
Artificial Intelligence : Pengertian, Fungsi Teladan Kecerdasan Buatan

Pengertian Artificial Intelligence – Teknologi dibentuk untuk mempermudah kegiatan dan pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang sedang  gencar di buat guna membuat perangkat yang canggih yaitu Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan sering disebut sebagai AI.


Banyak inovator yang berlomba-lomba untuk membuat kecerdasan buatan yang super canggih lantaran bidang ini masih mempunyai banyak potensi untuk digali. Untuk anda yang belum ada citra sama sekali mengenai bidang ilmu ini mungkin anda bisa membayangkannya dengan menonton salah satu film karya Marvel yaitu Iron Man.


Dalam film tersebut Pemeran utama mempunyai pakaian robot yang sanggup bicara yaitu Jarvis. Jarvis merupakan salah satu role model AI masa depan yang canggih dan sangat cerdas.




Pengertian Kecerdasan Buatan


 Teknologi dibentuk untuk mempermudah kegiatan dan pekerjaan insan ARTIFICIAL INTELLIGENCE : Pengertian, Fungsi  Contoh Kecerdasan Buatan
pixabay.com

AI atau Artificial Intelligence yaitu sebuah bidang ilmu yang dipakai untuk membuat hidup insan lebih baik dari masa ke masa. Upaya ini dilakukan dengan memperlihatkan kecerdasan pada mesin supaya sanggup berpikir seperti menyerupai manusia.


Komputer dapa dibentuk menjadi sebuah entitas yang cerdas dengan pertolongan data-data dalam sebuah database. Selain diberi data, komputer akan diberikan kemampuan untuk mempelajari data. Data dipelajari dan di training. Training dan pembelajaran data ini akan membuat sistem bisa memilih keputusan dan melaksanakan kiprah untuk memudahkan insan di masa depan.


Seperti disebutkan sebelumnya, Jarvis yaitu salah satu referensi penggunaan AI. Meski kecerdasan yang dimiliki oleh Jarvis ini sifatnya masih fiksi ilmiah, tapi kecerdasan buatan ketika ini sudah mempunyai kemiripan yang cukup tinggi dengannya.


Jarvis mempunyai kemampuan bicara mempunyai kemampuan deteksi kondisi kesehatan dan melaksanakan hal-hal lainnya yang diperintahkan oleh kreatornya. Hal ini disebabkan lantaran kecerdasan jarvis yang memang sudah sangat terlatih. Komputer cerdas menyerupai jarvis inilah yang dibutuhkan akan ditemukan di masa depan sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk mengembangkannya ketika ini.


 


Fungsi dan Tujuan Kecerdasan Buatan


 Teknologi dibentuk untuk mempermudah kegiatan dan pekerjaan insan ARTIFICIAL INTELLIGENCE : Pengertian, Fungsi  Contoh Kecerdasan Buatan
pixabay.com

Untuk pengertian dari AI sedikit banyak anda sudah paham bukan? Oleh lantaran itu mari kita lanjut ke bahasan selanjutnya mengenai fungsi dan juga tujuan kecerdasan buatan.



Fungsi Kecerdasan Buatan


Untuk fungsinya, kecerdasan buatan mempunyai cukup banyak fungsi. Kecerdasan buatan dibutuhkan sanggup melaksanakan bermacam-macam hal yang akan memudahkan insan mulai dari pemrosesan bahasa alami, mengenai persepsi, penalaran, menggerakkan dan manipulasi objek, mengenai pengetahuan, dan juga melaksanakan pembelajaran.


Jika di ambil kesimpulan secara menyeluruh, kecerdasan buatan berusaha untuk membuat robot yang mempunyai kecerdasan yang menyerupai atau bahkan lebih dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.


Dengan memakai kecerdasan buatan, insan sanggup menjadi pemerintah sedangkan robot cerdas dipakai untuk melaksanakan pekerjaan kasar. Robot dengan kecerdasan buatan akan mempunyai pengetahuan yang lebih tinggi daripada insan lantaran untuk memperlihatkan kecerdasan buatan insan hanya perlu memasukkan data dan sistem akan mempelajarinya.


Contohnya Google. Google yaitu sebuah mesin pencari. Ia mempunyai banyak sumber pengetahuan dan ia yaitu mesin. Dalam mesin pencarian Google ditanamkan juga kecerdasan buatan untuk memilih hasil pencarian yang lebih sesuai dengan keyword yang kita masukkan. Seperti yang kita tahu sistem Google ketika ini sangat berbeda dengan sistem Google di masa kemudian bukan?



Tujuan Penggunaan Kecerdasan Buatan


Tujuan pembuatan mesin yang canggih ini yaitu untuk mengurangi waktu kerja sehingga kegiatan sanggup lebih efisien. Dengan memakai kecerdasan buatan, insan menjadi lebih murah dalam mengambil keputusan dan melaksanakan kegiatannya dibandingkan pada masa lalu.


Bukan hanya lebih gampang penggunaan kecerdasan buatan dalam komputer juga membuat waktu pengerjaan sebuah kegiatan menjadi lebih cepat. Contohnya. Dahulu untuk melaksanakan searching di  mesin pencari kita perlu mengetikkan satu persatu aksara di kolom pencarian bukan?


Saat ini mesin pencarian menyerupai Google sudah mempunyai implementasi kecerdasan buatan sehingga hanya dengan berbicara dengan memerintah melalui bunyi ponsel anda sudah bisa menjalankan perintah anda.


Hal ini merupakan tujuan dari penggunaan kecerdasan buatan. Yaitu untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan.



Sejarah Kecerdasan Buatan


 Teknologi dibentuk untuk mempermudah kegiatan dan pekerjaan insan ARTIFICIAL INTELLIGENCE : Pengertian, Fungsi  Contoh Kecerdasan Buatan
pixabay.com

Komputer dalam dunia teknologi mempunyai sejarah yang cukup panjang, sama halnya dengan perkembangan kecerdasan buatan. Berikut ini yaitu sejarah mengenai perkembangan dari kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia.




  • Era Komputer Elektronik




Sejarah kecerdasan buatan dimulai dari kala komputer elektronik. Era ini dimulai sekitar tahun 1941. Dalam kala elektronik ini ditemukan sebuah alat untuk melaksanakan pemrosesan gosip dan juga penyimpanan data secara digital yaitu dengan komputer elektronik. Meskipun perkembangan teknologi kecerdasan buatan pada ketika ini belum pesat akan tetapi inovasi penyimpanan dan pemrosesan gosip ini menjadi awal dari kemunculan kecerdasan buatan.




  • Masa Persiapan Kecerdasan Buatan




Pada masa ini  merupakan masa awal pembuatan kecerdasan buatan. Masa ini dimulai tahun 2 tahun sesudah inovasi komputer elektronik yaitu pada tahun 1942 sampai tahun 1956. Masa persiapkan ini  di tandai dengan ditemukannya sebuah model syaraf tiruan yang dilakukan oleh 2 peneliti yaitu Mc Culloch dan juga Walter Pits.


Dalam model yang mereka temukan disebutkan bahwa setiap model syaraf sanggup di hitung dengan memakai fungsi sehingga membuat kekerabatan menjadi logis. Dalam tahun awal inovasi ditemukan struktur jaringan sederhana yang kemudian  disempurnakan pada tahun 1950 oleh Norbet Wiener dalam pengenalan prinsip dan teori mengenai feedback yang dikenal dengan teori termostat.


Tahun 1956 mulai perkembangan kecerdasan buatan yang cukup mengherankan pada ketika itu. Pada ketika tersebut sudah mulai dikenal komputer yang melaksanakan pemikiran dengan hasil non numerik atau bisa disebut dengan penalaran. Penciptaan komputer ini dilakukan oleh John McCarthy yang sampai ketika ini disebut sebagai bapak kecerdasan buatan.




  • Masa Awal Perkembangan




Sebagai bapak kecerdasan buatan, McCarthy tidak hanya membuat mesin tersebut, melainkan ia mendefinisikan bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk membantu pembuatan komputer dengan kecerdasan buatan semoga lebih mudah. Masa ini dimulai pada tahun 1952.


Selain itu, pada  masa ini ditemukan juga beberapa hal yang bekerjasama dengan kecerdasan buatan menyerupai jadwal geometri theory prover, jadwal untuk menuntaskan problem integral tertutup dan juga problem analogi. Semua program-program ini dibentuk dengan memakai kecerdasan buatan sehingga problem menjadi lebih gampang untuk diselesaikan.


Perkembangan kecerdasan buatan sempat mengalami perlambatan pada tahun 1966 sampai 1974. Akan tetapi sesudah itu mulailah dilakukan pembuatan jadwal kecerdasan buatan yang berbasis ilmu pengetahuan dan pada karenanya pengembangan kecerdasan buatan sebagai jaringan syaraf tiruan kembali dimulai pada tahun 1986 sampai sekarang.



Contoh Kecerdasan Buatan


Saat ini sudah ada banyak sistem yang memakai kecerdasan buatan dan sangat cerdas. Salah satunya yaitu teknologi Google menyerupai yang disebutkan sebelumnya. Selain itu ada juga banyak aplikasi kecerdasan buatan yang menarik menyerupai :



  • Siri yaitu tangan kanan bunyi yang dibentuk oleh perusahaan Apple dalam ponselnya.

  • Tesla, yang merupakan kecerdasan buatan yang dibentuk untuk memperbolehkan kendaraan beroda empat berkendara secara otomatis

  • Alexa, Voice assistant dari perusahaan Amazon dan masih banyak lagi lainnya.


Advertisement

Iklan Sidebar